Monday, December 27, 2010

Kiwi Sorbet

Sorbet Kiwi
Minuman ini sangat cocok diminum pas cuaca lagi panas panasnya. Selain  segar sorbet ini juga mengandung nilai serat yang tinggi loh plus vitamin C. Jadi cocok niy diminum bagi anda yang g' suka sama makan buah :). Cobain yuk buatnya, rasanya g jauh beda kok sama es krim cuma bedanya sobet seratnya lebih kasar daripada es krim.


Bahan:
250 gr kiwi matang, kupas, potong-potong
100 ml air
150 gr gula pasir
25 ml jus apel konsentrat
25 ml krim kocok
2 bh kiwi, potong-potong, untuk topping

Cara Membuat:
1. Campur potongan kiwi, air, gula pasir dan jus apel, dalam panci. Lalu masak selama 5 menit. Angkat dan dinginkan.
2. Setelah dingin, tuang masakan kiwi ke dalam blender, lalu proses hingga halus.
3. Tuang hasil blender ke dalam mangkuk, tambahkan krim kocok, aduk rata. Simpan dalam kulkas selama 1 jam.
4. Tuang adonan ke dalam ice cream maker  yang sudah didinginkan, proses sampai mengental. Simpan dalam freezer  selama 2 jam. Sajikan dingin dengan potongan kiwi.
Untuk 5 porsi

Sumbernya aq dapat dari tabloid nova  

Martabak Bolu Pandan

Bahan A:
100 gram terigu protein sedang
25 gram gula pasir halus
1/2 sdt ragi instant
150 ml santan hangat

Bahan B:
1 butir telur
1 buah kuning telur
25 ml air perasan daun pandan
1/2 sdt pasta pandan
1/2 sdt baking powder
1/4 sdt soda kue
1 sdt gula pasir (untuk taburan)

Bahan vla:
100 ml santan encer (saya buat dari santan kental instan ukuran 60 ml ditambah air 40 ml)
1/8 sdt garam
3 sdm susu kental manis
1 lembar daun pandan, sobek-sobek
1/4 sdt pasta pandan
1 sdm maizena, dilarutkan dengan sedikit air

Taburan filling:
Keju cheddar parut

Dusting:
Gula halus

Cara membuat:
Filling: Masak santan bersama garam, susu kental manis, pasta pandan dan daun pandan. Aduk-aduk sampai mendidih. Masukkan larutan maizena. Aduk hingga kental dan meletup-letup. Angkat. Sisihkan.
Martabak:
1. Campur terigu dan gula pasir halus. Tuangi santan hangat. Aduk rata dengan whisker hingga halus dan lembut. Masukkan ragi instant. Aduk rata. Diamkan kurang lebih 30 menit hingga 1 jam (tergantung kondisi tempat masing-masing).
2. Kocok lepas telur. Masukkan ke dalam adonan. Aduk rata. Masukkan air perasan daun pandan dan pasta pandan. Aduk rata. Masukkan baking powder. Aduk rata. Diamkan 15 menit.
3. Panaskan loyang martabak hingga cukup panas (jangan terlalu panas ya...). Masukkan soda kue ke dalam adonan, aduk rata. Segera tuang ke dalam loyang martabak yang telah panas. Kecilkan api. Tunggu sampai muncul gelembung-gelembung dan lubang-lubang yang cukup banyak. Tutup loyang (saya menggunakan tutup panci) sampai permukaan agak kering. Taburi gula pasir, tutup lagi sebentar sampai gula agak mencair. Angkat.
4. Belah 2 martabak. Oles 1/2 bagian dengan vla. Taburi keju parut. Tumpuk dengan 1/2 bagian lagi. Dusting permukaan martabak dengan gula halus. Potong-potong. Sajikan hangat.

*Resep ini jadinya hanya 1 buah martabak ukuran sedang. Jika mau membuat 2x atau 3x resep, tetap soda kue dimasukkan terakhir dan per loyang. Ambil adonan untuk per loyang (masukkan ke mangkuk atau gelas ukur), beri 1/4 sdt soda kue, aduk cepat dan segera tuang ke loyang yang sudah dipanaskan. Begitu seterusnya sampai adonan habis. 

Disadur dari : http://ricke-ordinarykitchen.blogspot.com

Bolu Kukus Blueberry

Bolu Kukus
Bolu kukus ini tanpa air soda, tapi menggunakan susu cair. Gizinya g' cuma dari susu aja lo, tapi juga tambahan keju didalamnya. Jadi sangat cucok bagi anak - anak balita yang dalam masa pertumbuhan.

Dipadukan dengan blueberry paleta yg harum dan segar karena ada rasa asem-asem manisnya. Selain blueberry juga bisa diganti dengan strawberry paleta. Teksturnya lembut karena memakai susu cair dan keju. Resep asli dari Mba Shinta (www.dapuramatir.blogspot.com), hasil modifikasi dari resep 'Bolu Kukus 1 menit' by Ibu Fatmah Bahalwan. Jumlah kuning telurnya aku tambah (weewww, sudah dimodif berapa kali ini resep, hihiii...), hasilnya lebih lembut.

Bahan:
250 ml susu cair (fresh/UHT)
100 gram keju cheddar parut halus
300 gram terigu protein sedang (all purpose flour)
250 gram gula pasir
2 butir telur utuh (antero)
2 kuning telur
1/2 sdm SP (emulsifier)
1/2 sdt baking powder double acting (klo pake yg biasa pake 2x lipatnya ya)
1 sdt essence butter/vanilla/pisang (untuk menimalisir bau amis)
2 sdm blueberry paleta (selai blueberry yg halus dan lembut), campur dg 1 sdm air panas, dinginkan

Cara membuat:
1. Didihkan air dalam kukusan (air jangan terlalu banyak yg dekat dg alas kukusan nanti bagian bawah bolunya basah kecipratan air mendidih). Bungkus tutup kukusan dg serbet/kitchen towel bersih.
2. Siapkan cetakan bolu kukus, alasi dg paper cup atau kertas roti. Sisihkan.
3. Campur dan ayak terigu dan baking powder
4. Didihkan susu (jaga jangan sampe berbusa ya), masukkan keju cheddar parut. Aduk sampai keju larut dan adonan lembut. Angkat dan dinginkan.
5. Kocok telur, kuning telur, gula pasir dan emulsifier sampai benar-benar kental dan putih. Masukkan essence butter/vanilla/pisang, kocok rata sebentar.
6. Masukkan terigu dan larutan susu keju sambil terus dikocok sampai rata, halus dan kental (adonan akan terasa berat dan agak kaku/tidak encer)
7. Ambil 5 sendok makan adonan, campur dg blueberry paleta. Aduk rata.
8. Masukkan adonan putih ke dalam cetakan dg bantuan sendok/ice cream scoop, isi sampai hampir penuh. Beri 1 sendok teh adonan blueberry, tutup lagi sedikit dg adonan putih. Lakukan sampai habis.
9. Besarkan api sampai beruap banyak, masukkan adonan ke dalam kukusan, beri jarak dan jangan terlalu penuh. Kukus selama kurang lebih 10 menit.

Good luck! ^_^

*Jangan memberi adonan blueberry terlalu banyak, karena sifatnya 'berat' akibat penggunaan selai. Setelah diberi adonan blueberry, tutup lagi sedikit dg adonan putih, jika tidak maka bolu akan meleber ke samping, bukan mekar ke atas

Disadur dari : http://ricke-ordinarykitchen.blogspot.com

Bakwan Jagug Udang

Bakwan Jagung
Bakwan Jagung Udang
by Ricke

Bahan:
3 buah jagung manis kupas, disisir
200 gram udang, kupas, cincang kasar dagingnya
1 buah wortel ukuran besar, diserut kasar
1 batang daun bawang, diiris halus
100 gram terigu (aku pake all purpose/segitiga biru)
5 sdm tepung beras
1 butir telur ukuran besar, kocok lepas
1 sdt garam
1/4 sdt merica bubuk
1/4 sdt kaldu bubuk (optional)
20 ml air (tergantung kondisi adonan)
Minyak goreng yang cukup banyak

Bumbu halus:
3 siung bawang putih
2 siung bawang merah
2 butir kemiri, sangrai
1 sdt ketumbar

Cara membuat:
1. Tumbuk kasar/memarkan jagung manis hingga agak berair. (Aku tumbuk perlahan dalam mangkok dengan menggunakan batu ulekan).
2. Tambahkan udang cincang, wortel, daun bawang, garam, merica bubuk, kaldu bubuk dan bumbu halus. Aduk rata.
3. Masukkan terigu dan tepung beras, aduk rata. Tambahkan telur kocok. Aduk rata hingga menjadi adonan.
4. Masukkan air. Aduk rata.
5. Goreng dalam minyak yang telah dipanaskan dengan api sedang sesendok demi sesendok. Goreng hingga kuning kecoklatan. Angkat. Tiriskan.

Note:
-Penambahan air tidak perlu dilakukan jika adonan dirasa sudah cukup lembek. Tambahkan air jika adonan masih terlalu kental. Kondisi kadar air bahan-bahan yang dipakai juga berpengaruh banget ya!
- Jika ingin menggoreng bakwan bentuknya ipih seperti yang ada di foto, caranya dengan menempelkan sesendok adonan pada pinggiran wajan, kemudian ratakan. Siram-siram sebentar dengan minyak panas, kemudian lepaskan ke dalam minyak dengan bantuan sodet. Klo mau bulat-bulat langsung disendoki saja ke dalam minyak. Atau mau dicetak pakai sendok sayur juga bisa. 

Bitterballen
Bahan:
100 gr margarine
1 bawang bombay (75gr), cincang halus
150 gr terigu
350 ml susu cair
250 gr daging cincang (aku campur dengan sosis dan smoked beef)
garam, pala bubuk, merica, gula pasir...secukupnya
1 batang daun bawang, iris halus (resep asli tidak pakai)
100 gr tepung roti (aku pakai yang kasar/bread crumbs)
2 telur, kocok lepas
minyak goreng secukupnya (cukup banyak untuk menggoreng deep frying)

Cara membuat:
1. Sangrai daging sampai airnya habis (tapi jangan terlalu kering)
2. Panaskan margarine, tumis bawang bombay sampai harum, lalu masukkan terigu. Aduk rata.
3. Tuang susu sedikit demi sedikit, sambil aduk terus hingga adonan rata dan kental. Kemudian masukkan berturut-turut, daging cincang, garam, pala, merica, gula. Aduk lagi hingga adonan benar2 rata. Masukkan daun bawang. Diamkan hingga dingin (kalo panas-panas nanti tangannya melepuh, heuheuheuuu...)
4. Bulatkan adonan, besarnya sesuai selera (sebesar bakso aja, jangan terlalu besar). Kemudian gulingkan di tepung roti, celupkan di telur kocok dan gulingkan sekali lagi ke dalam tepung roti.
5. Goreng di dalam minyak panas yg cukup banyak (deep frying) hingga berwarna kuning kecoklatan. Pakai api sedang, jangan terlalu panas supaya tidak cepat gosong. Angkat, tiriskan. Sajikan hangat lebih enak. Bisa dicocol ke saus sambal jika suka.

Selamat mencoba! ^_^

Tips:
- Satu resep ini hasilnya cukup banyak sekitar 50-an buah, kalau untuk konsumsi keluarga bisa dibuat setengah resep saja.
- Aku cocok dengan resep ini karena hasilnya bagus, cantik dan tidak mudah hancur saat digoreng walaupun sering diaduk-aduk di pengorengan. Kalau masih takut hancur, pada saat membulatkan adonan ambil adonan secukupnya, kepal-kepal dengan tangan sambil dipadatkan lalu bulatkan. Tepung panir kasar juga membantu memperkokoh bagian luarnya daripada tepung panir halus.
- Goreng dengan minyak banyak agar cukup untuk merendam bitterballen-nya (deep frying) 

Disadur dari :http://ricke-ordinarykitchen.blogspot.com

Cilok (Aci Dicilok)

Cilok
Bahan:
200 gram tepung sagu tani (sagoo/tapioca)
200 gram tepung terigu (all purpose flour)
2 siung bawang putih (garlic), haluskan
1 sdt garam (peres)
1 sdt kaldu bubuk
1/4 sdt merica bubuk
2 batang daun bawang (pakai bagian daun hijaunya saja), iris halus
400 ml air (bisa berbeda takarannya tergantung kondisi tepung masing-masing, gunakan secukupnya saja)

Air secukupnya untuk merebus cilok

Isian (optional):
Keju cheddar parut (gak pake isian juga ga apa-apa, seperti cilok tradisional)

Pelengkap:
Sambal kacang
Saus sambal botolan
Kecap manis

Cara membuat:
1. Campur dan ayak tepung sagu tani dan tepung terigu. Tempatkan dalam wadah. Tambahkan daun bawang dan aduk rata. Sisihkan.
2. Panaskan air, tambahkan garam, kaldu bubuk dan merica bubuk. Biarkan hingga mendidih. Matikan api. Angkat.
3. Masukan air kaldu panas-panas ke dalam campuran tepung sedikit demi sedikit sambil diaduk rata dan diuleni menggunakan sendok kayu. Uleni hingga kalis dan bisa dipulung. (Pakai feeling ya, klo dirasa sudah cukup kalis hentikan penambahan air, klo dirasa masih terlalu kering airnya bisa ditambah)
4. Ambil sedikit adonan, pipihkan, beri keju cheddar parut. Bulatkan. Jika tidak menggunakan isian adonan langsung dibentuk bulat-bulat saja. Bulatkan sebesar bakso.
5. Rebus cilok dalam air mendidih hingga mengapung. Biarkan agak lama direbus setelah mengambang. Sekitar 15 menit. Angkat, kemudian masukkan ke dalam panci kukusan, kukus cilok sampai benar-benar matang dan empuk. Sajikan panas dengan pelengkap sambal kacang, saus sambal botolan dan kecap manis bila suka.

Notes:
- Menurutku sih udah pas kekenyalannya dan cukup empuk. Tapi sekali lagi balik ke selera masing-masing ya... Silahkan disesuaikan dan dikreasikan sendiri untuk variasinya. Klo mau lebih kenyal bisa dikurangi terigunya.
- Jika mau lebih gurih, air kaldu bisa dibuat dengan menggunakan lemak ayam. Bisa juga ditambahkan daging ikan giling skitar 100 gram ke dalam adonan. Jadi ada rasa ikannya seperti empek-empek.
- Sambal kacangnya bisa juga pakai bumbu pecel instant. Atau bisa juga hanya dengan saus sambal botolan yang dicairkan dengan air panas.

Cireng

Cireng
Makanan tradisional Sunda ini, pas banget dinikmati sore hari. 

Bahan:
200 gram tepung sagu tani (sagoo/tapioca)
200 gram tepung terigu (all purpose flour)
2 siung bawang putih (garlic), haluskan
1 sdt garam (peres)
1 sdt kaldu bubuk
1/4 sdt merica bubuk
2 batang daun bawang (pakai bagian daun hijaunya saja), iris halus
400 ml air (bisa berbeda takarannya tergantung kondisi tepung masing-masing, gunakan secukupnya saja)

Isian:
Keju cheddar parut

Cara membuat:
1. Campur dan ayak tepung sagu tani dan tepung terigu. Tempatkan dalam wadah. Tambahkan daun bawang dan aduk rata. Sisihkan.
2. Panaskan air, tambahkan garam, kaldu bubuk dan merica bubuk. Biarkan hingga mendidih. Matikan api. Angkat.
3. Masukan air kaldu panas-panas ke dalam campuran tepung sedikit demi sedikit sambil diaduk rata dan diuleni menggunakan sendok kayu. Uleni hingga kalis dan bisa dipulung. (Pakai feeling ya, klo dirasa sudah cukup kalis hentikan penambahan air, klo dirasa masih terlalu kering airnya bisa ditambah)
4. Ambil adonan, pipihkan, beri keju cheddar parut. Bentuk seerti pastel atau bentuk lainnya. Rekatkan pingirnya. Lakukan hingga adonan habis.
5. Goreng dalam minyak goreng yang banyak dengan api sedang hingga kekuningan dan matang. Angkat dan tiriskan. Sajikan panas.

Notes:
- Pada saat membentuk cireng, lumuri tangan dengan tepung sagu, juga dengan permukaan meja atau alas yang digunakan taburi dengan tepung sagu. Hal ini agar adonan tidak lengket dan mudah dibentuk.
- Cireng disajikan selagi hangat agar teksturnya tidak menjadi terlalu keras.
- Bisa disajikan dengan pelengkap kuah dari saus sambal yang diencerkan dengan air panas. 


Disadur dari http://ricke-ordinarykitchen.blogspot.com

LUMPIA KEJU RAGOUT (CHEESE AND RAGOUT SPRING ROLLS)

Lumpia Keju Ragout
Bahan:
10 lembar kulit lumpia
Keju Quick Melt secukupnya, potong-potong sebesar kelingking
Minyak goreng yang banyak untuk menggoreng

Ragout:
2 buah wortel, parut kasar
Jamur kancing kalengan secukupnya, cincang kasar (tadi kira-kira pakai 6-8 buah ukuran sedang)
100 gram udang kupas, cincang kasar
1 batang daun bawang, iris halus
2 siung bawang putih, cincang halus
Garam, merica bubuk, gula pasir secukupnya (sesuai selera aja ya...)
1 sdm terigu serba guna
1/4 gelas air kaldu (bisa dari kaldu kulit/kepala udang atau 1/4 sdt kaldu bubuk dilarutkan dengan 1/4 gelas air)
2 sdm minyak goreng untuk menumis

Perekat:
1 sdt terigu, larutkan dengan sedikit air cukup sampai agak kental

Cara membuat:
1. Ragout: Panaskan minyak goreng, tumis bawang putih hingga harum. Masukkan udang, aduk hingga berubah warna, masukkan wortel dan jamur. Aduk hingga layu. Beri garam, merica bubuk dan gula pasir. Aduk rata. Masukkan daun bawang. Aduk rata. Tambahkan terigu. Aduk rata. Masukkan air kaldu. Aduk hingga mengental. Angkat. Dinginkan.
2. Ambil selembar kulit lumpia, beri ragout dan letakkan potongan keju Quick Melt diatasnya. Lipat dan gulung sambil dipadatkan. Lakukan hingga habis.
3. Goreng dalam minyak yang sudah dipanaskan dengan api sedang hingga kecoklatan. Angkat. Tiriskan. Sajikan hangat dengan saus sambal botolan.

Note:
- Kasih garamnya sejumput aja yah, biar gak terlalu asin. Soalnya klo pakai keju Quick Melt rasanya sudah cukup asin.
- Klo mau sedikit tambah modal, pakai potongan keju mozarella lebih oke. Tapi menurutku pakai Quick Melt aja udah enak banget kok.

Disadur dari : http://ricke-ordinarykitchen.blogspot.com

Sandwich Goreng isi Sosis

Sandwich Goreng
Bahan:
5 lembar roti tawar, buang pinggirannya, tipiskan dengan rolling pin
5 buah sosis, goreng sebentar

Saus:
1 sdm saus tomat
2 sdt mayoinese
15 gram keju Quick Melt (atau sesuai selera), parut halus
Sejumput merica bubuk
Sejumput oregano kering (optional, bisa diskip)
Minyak untuk menggoreng

Pelapis:
1 butir telur, kocok lepas
Tepung panir kasar atau bread crumbs

Cara membuat:
1. Saus: Campur semua bahan. Sisihkan
2. Ambil selembar roti tawar yg telah ditipiskan, taruh sosis pada salah satu sisinya, beri saus. Gulung sambil dipadatkan. Rekatkan ujungnya dg sedikit telur. Lapisi dengan telur kocok dan gulingkan ke tepung panir kasar. Lakukan sampai habis.
3. Panaskan minyak goreng dg api sedang. Goreng hingga kuning kecoklatan. Angkat. Tiriskan. Sajikan hangat dengan saus sambal botolan (aku pakai sambel bangkok)

Otak Otak

Otak Otak
Bahan:
500 gram daging ikan tengiri, haluskan (aku masuk chopper ajah)
2 putih telur
2 sdt garam (bisa ditambah sesuai selera)
2 sdm gula pasir
1/2 sdt merica bubuk
250 ml santan dari 1 butir kelapa (atau pakai santan kental instant yang diencerkan dengan air)
4 sdm tepung sagu
2 sdm tepung hunkwe
2 batang daun bawang, iris halus

Bumbu halus:
4 butir bawang merah
2 siung bawang putih

Daun pisang untuk membungkus

Cara membuat:
1. Campur daging ikan tengiri yang telah dihaluskan dengan putih telur. Aduk rata. Beri garam, gula pasir, merica bubuk dan bumbu halus. Aduk rata.
2. Tuang santan. Aduk rata. Masukkan tepung sagu dan tepung hunkwe. Aduk rata hingga halus. Tambahkan daun bawang. Aduk rata.
3. Ambil daun pisang secukupnya, sendokkan adonan sebanyak 1 sendok makan. Bungkus dan semat kedua ujungnya dengan lidi. Lakukan sampai habis.
4. Bakar di bara api hingga matang dan harum. (Aku tadi dipanggang di kompor dengan menggunakan wajan teflon datar)

Bahan sambal kacang:
100 gram kacang tanah, goreng dan haluskan
2 siung bawang putih, goreng utuh
2 buah cabe rawit
2 buah cabe merah
1 sdt garam
3 sdm gula pasir
1/2 sdt cuka/air jeruk nipis
150 ml air panas

Cara membuat:
Haluskan bawang putih, cabe rawit dan cabe merah. Campur dengan kacang tanah halus. Beri garam, gula pasir dan cuka. Aduk rata. Tuang air panas. Aduk hingga rata. Cicipi rasanya, jika ada yang dirasa kurang pas dengan selera silahkan ditambahkan saja sendiri yaaa...
Cookies
Bahan:
100 gram choco crunch, blender halus
300 gram mentega (butter+margarin)
125 gram gula halus
125 gram gula palem bubuk (palm suiker)
4 butir kuning telur
1 sdt pasta coklat (optional)
350 gram terigu protein sedang/rendah
30 gram maizena
40 gram susu bubuk full cream
1 sdt baking powder
100 gram kacang mete sangrai/panggang, cincang kasar
Chocolate chips secukupnya

Cara membuat:
1. Campur terigu, maizena dan susu bubuk. Ayak dan sisihkan.
2. Kocok mentega, gula halus, gula palem dan pasta coklat hingga lembut. Tambahkan telur satu persatu sambil dikocok cepat merata. Tambahkan baking powder, kocok lagi sebentar. Matikan mixer.
3. Masukkan campuran terigu, choco crunch halus dan kacang mete cincang. Aduk rata dengan sendok kayu sampai adonan bisa dipulung.
4. Ambil sedikit adonan, bulatkan sebesar kelereng (jangan terlalu besar membulatkan soalnya nanti akan mengembang dan melebar setelah dipanggang). Tata dalam loyang yang telah dioles margarin tipis. Tekan perlahan dengan punggung garpu sampai pipih (tapi jangan terlalu tipis ya). Tata chocolate chips di atasnya.
5. Panggang dalam oven panas dengan suhu 150'C selama 30 menit. Angkat. Biarkan beberapa saat dalam loyang. Kemudian pindahkan ke rak kawat. Dinginkan dan simpan dalam toples kedap udara.

*Cookies memang akan terasa masih agak lunak bagian tengahnya ketika akan diangkat, biarkan saja, nanti akan kering sendiri setelah keluar oven dan dingin. Ini salah satu kunci cookies renyah. Jika dipanggang terlalu lama dan kering dalam oven nanti cookiesnya akan keras setelah dingin, ga enak buat digigit.

Selamat mencoba ya :)

Donut Kentang

Donat Kentang
Donat biasa terbuat dari terigu, tapi saat ini banyak beredar donat yang berasal dari kentang. Soal rasa, tentunya sama saja, sama-sama enak. Tapi soal harga, tentu lain. Kali ini kami sajikan cara membuat donat dari kentang.

Bahan2:
2 cup bread flour
1 cup self-raising flour
2 buah kentang, kukus, haluskan
1/2 cup gula pasir
100 gr Blue Band
1 btr telur ayam
1/2 cup susu UHT hangat
2 sdm susu bubuk (Syifa, thanks ya.. hihihi)
1/2 sdt garam
1/2 sdt vanili bubuk
1/2 sdt baking powder
Adonan pengembang:
1 sachet Fermipan (yeast instant lainnya)
1 sdt gula pasir
5 sdm air hangat
Cara membuat:
Aduk adonan pengembang, diamkan sampai mengembang.
Tuang terigu menjadi satu dalam satu baskom.
Masukkan susu bubuk, vanili, dan gula pasir.
Lubangi tengahnya, lalu masukkan telur. Aduk rata.
Masukkan kentang, aduk rata dengan garpu. Supaya lebih mudah menghaluskan yang berindilan.
Setelah tercampur rata masukkan Blue Band, aduk lagi.
Lalu pelan2 masukkan adonan pengembang, dan susu hangat, sedikit demi sedikit.
Uleni sampai kalis. Kalau masih lengket, tambah terigu sedikit, sampai didapat adonan yang benar2 kalis.
Kalau nggak punya mixer yang bisa utk buat roti, jangan lupa dibanting2, biar benar2
elastis.
Setelah adonan siap, tutup dengan serbet. Diamkan selama 30 menit.
Adonan akan mengembang 2x lipat.
Tusuk sampai kempes, untuk membuang udara di dalam adonan.
Buat bulatan2 sebesar bola pingpong, lalu tusuk tengahnya untuk membuat lubang.
Siapkan minyak dengan api panas, setelah panas, kecilkan api.
Goreng donat sampai terendam, kalau punya deep fryer lebih baik lagi, sampai kecoklatan.
Angkat. Tiriskan. Siap diberi topping sesuai selera.
Source = dapurbunda.com (resep.atspace.com)

Lapis Legit

Lapis Legit
Bahan:
350 gr mentega wisjman
350 gr gula halus (kastor)
30 butir kuning telur
2 sendok makan susu bubuk
1 sendok makan terigu
1 sendok teh bumbu spekoek (atau sesuai selera)
1/4 sendok teh vanila
Cara membuat:
1. Mentega, gula dan vanili dikocok dengan mixer selama 1/2 jam. Diamkan
2. Ayak susu, terigu dan bumbu spekoek
3. Kocok kuning telur dengan mixer selama 1/2 jam
4. Masukan ayakan (no.3) ke dalam kuning telur, aduk dengan sendok kayu.
5. Masukkan campuran telur, gula & vanili ke dalam campuran kuning telur. Aduk dengan sendok kayu hingga rata.
6. Tuang 2 sdm adonan ke dalam loyang uk. 18 x 18 cm.
7. Masukkan dalam oven, gunakan api bawah selama kurang lebih 2 menit.
8. Bila sudah kering (tusuk dengan tusuk gigi) masukkan lagi 2 sdm adonan. Lakukan dengan api bawah sampai 3 atau 4 lapis. Selanjutnya gunakan api atas sampai semua adonan habis.
Tips :
1. Kocok adonan mentega, gula & vanili malam hari, diamkan sampai pagi.
2. Perhatikan kekuatan mixer pada saat mengocok telur karena ada mixer yang hanya mampu untuk mengocok 10 telur, sehingga hasilnya akan kurang bagus. Paling baik kalau punya 2 mixer, gunakan 2 mixer tsb bersamaan untuk mengocok telur.
3. Pada saat mencampur semua bahan, jangan mengaduk terlalu sering supaya adonan tidak turun. Begitu pula menunggu adonan dimasukkan,adonan JANGAN di-aduk-aduk supaya tidak turun.
4. Mulai nyalakan oven pada saat kita mulai mengocok telur, supaya panas di dalam oven sudah rata pada saat kita akan memanggang.

Disadur dari : dapurbunda.com

Es Gabus

Es Gabus
Inget banget waktu dulu, aku suka banget minum es gabus ini, ya es gabus namanya emang unik tapi sesuai dengan rasanya yang lembut kayk gabus :), namun sayang sekarang ini udh jarang banget yang jual es gabus ini. Bagi yang suka sama jajanan tempo doloe ini yuk, cobain resepnya.
 
Bahan :
- 130 gr Tepung hunkwe putih (baru dengar tepung ini, moga aja gak mahal dipasaran, he2)
- 1250 ml santan sedang kentalnya
- 250 gr Gula pasir
- 150 gr Nangka matang potong dadu kecil
- Pasta pandan secukupnya
- Garam secukupnya

Cara Membuat :
1. Campur jadi satu, tepung hunkwe, gula pasir, garam dan santan,aduk rata, bagi adonan, 2/3 bagian beri pasta pandan dan 1/3 bagian dibiarkan berwarna putih.(kalo saya cuman 2 lapis yaitu hijau dan putih)
2. Bagi adonan warna hijau menjadi 2, masak 1 bagian adonan warna di atas api hingga mendidih dan kental, tuang dalam loyang 8 x 20 x 7 cm. Sisihkan.(kalo saya seadanya loyang)
3. Masak adonan putih di atas api hingga mendidih dan kental, masukkan potongan nangka, aduk rata, tuang adonan diatas warna hijau, ratakan.
4.Masak sisa adonan hijau di atas api hingga mendidih dan kental, tuang diatas warna putih. Dinginkan hingga keras.
5. Potong-potong kue, bungkus dengan plastik, simpan dalam freezer hingga beku.




Pelecing Kangkung

Plecing Kangkung

Bahan:
600 gr kangkung, petik daunnya
150 gr minyak goreng, panaskan
1 sdt garam
2 sdt air jeruk limo

Bumbu Halus:
10 bh cabai merah, bakar
5 bh cabai rawit merah, bakar
7 bh kemiri
2 sdt terasi
2 bh jeruk limo
Cara Membuat:
1. Campur bumbu dengan minyak goreng panas, garam dan air jeruk limo, aduk rata.
2. Masukkan kangkung dalam piring saji dan siram dengan sambal panas.
3. Sajikan segera.
Untuk 6 orang

Donut Ala J.Co

Donat
Bahan A:
850 gram terigu protein tinggi (Cakra Kembar) atau terigu Jepang (Komachi), klo pake Komachi jadi lebih mirip sama JCo :)
11 gram ragi instant
10 gram garam
600 ml air (klo pake terigu Cakra airnya dikurangi sebanyak 75-100 ml yah)

Bahan B:
200 gram terigu protein tinggi (Cakra Kembar) atau terigu Jepang (Komachi)
10 gram garam
60 gram susu bubuk full cream
100 gram telur (tanpa kulit yah)
125 gram mentega putih (shortening)

Cara membuat:
1. Aduk bahan A sampai rata, istirahatkan selama 90 menit dalam wadah tertutup. Jadikan bahan biang.
2. Campur bahan B sampai rata, kemudian campur dengan bahan A. Uleni sampai kalis dan licin. Lebih kurang 10 menit (beda-beda waktunya tergantung cara menguleni, yg penting sampe kalis yah). Istirahatkan dalam wadah tertutup selama 15 menit.
3. Gilas tipis adonan setebal kurang lebih 1 cm, diamkan 10 menit. Cetak dengan cetakan bentuk donat, diamkan lagi 10 menit.
4. Goreng dalam minyak padat yg telah dipanaskan dengan api kecil saja sampai kuning kecoklatan (balik sekali saja).
5. Angkat, tiriskan dan dinginkan. Beri topping sesuai selera.

Notes:
- Adonannya memang agak lembek, jadi menguleninya lebih sabar yah agar adonan jadi kalis dan mulus.
- Saat menggilas, taburi alas gilas dengan tepung agak adonan tidak lengket. Begitu juga dengan cetakan donatnya taburi dengan terigu.
- Donat yg telah dicetak letakkan dalam loyang tipis yg ditaburi terigu atau dialasi kertas roti.
- Menggoreng donat lebih bagus dengan minyak padat agar hasil donatnya tidak menyerap banyak minyak. Jika tidak ada bisa menggunakan minyak goreng biasa yang ditambahkan mentega putih sekitar 1 sendok makan. Goreng dengan api kecil saja dan balik 1 kali saja. 

Disadur dari : http://ricke-ordinarykitchen.blogspot.com

Nasi Tutug Oncom Saus Asam Manis

Nasi Tutug
Bahan:
¼ kg ikan gurame
3 gr garam
2 sdt bumbu kuning, siap pakai
500 ml minyak goreng
1 porsi nasi panas
100 gr oncom, tumis
2 gr daun kemangi
1 sdt garam
½ sdt lada bubuk
Saus Asam Manis:
2 sdm minyak sayur
2 siung bawang putih, cincang
50 gr bawang bombai, iris kasar
5 sdm saus tomat
2 sdm saus sambal
1 sdm gula pasir
½ sdt lada bubuk
½ sdt garam
Pelengkap:
daun kemangi
timun
tomat
selada hijau
Cara Membuat:
1. Bumbui gurame dengan garam dan bumbu kuning, diamkan selama 10 menit, kemudian goreng sampai kering dan matang, angkat dan sisihkan.
2. Saus Asam Manis: panaskan minyak, tumis bawang putih dan bawang bombai. Masukkan sisa bahan. Aduk rata sampai mengental.
3. Campur nasi panas dengan oncom, daun kemangi, garam, dan lada bubuk, aduk rata.
4. Sajikan hangat nasi oncom dengan ikan gurame goreng yang disirami Saus Asam Manis dan pelengkapnya.
Untuk 1 porsi

Sunday, December 26, 2010

Gado-gado Siram

Apakah anda pernah mendengar gado-gado siram? Cobalah resep ini dijamin, anda pasti ketagihan dengan gado-gado siram ini. Selain termasuk makanan sehat, gado-gado juga mengandung berbagai macam serat yang berasal dari sayur.
 
Bahan:

100 gr tauge, rendam di dalam air mendidih, tiriskan
200 gr kangkung, petik-petik, rebus selama 2 menit
200 gr bayam, petik-petik, rebus selama 2 menit
1 bh labu siam, rebus
1 bh tahu, potong dadu, gureng
1 ptg tempe, goreng, potong-potong
1-2 sdm bawang goreng. 3 btr telur, rebus, potong juring
100 gr emping melinjo
100 gr kerupuk

Bahan saus:

400 gr kacang tanah, goreng
5 bh cabai merah
5 bh cabai rawit
1 sdt garam (secukupnya)
½ sdt terasi
400 ml air matang.

Cara membuat:

Saus:
campur semua bahan kecuali air matang, haluskan. Setelah halus, baru masukkan air matang. Aduk rata kemudian masak sampai mendidih sambil diaduk, angkat.  
Cara menyajikan:
tata sayuran, tahu, tempe, telur di atas wadah saji datar, siram dengan saus, taburi emping dan kerupuk.  
Resep ini disarikan dari buku “Salad Nusantara Populer” dari Dapur Aliza.

Menyiangi Ikan Segar

Ikan
Pertama, bilas ikan segar dengan air bersih. Siapkan pisau tajam, kerok sisiknya hingga bersih. Buang insang di bagian kepala ikan. Sayat sisi bawah perut ikan, keluarkan isi perut ikan. Buang sirip-siripnya yang tajam. Potong-potong ikan sesuai selera dan kerat-kerat badannya. Cuci hingga bersih lalu tiriskan.

Memilih kentang

Kentang
Untuk membuat kroket, sebaiknya pilih kentang yang tua umbinya atau jenis kentang tes yang sedikit mengandung air. Kentang muda akan mudah berair dan jika dicampur dengan bahan lain dan digoreng biasanya akan lembek dan membuat kroket jadi pecah atau berantakan.

Memilih Daun Kemangi

Kemangi
Daun kemangi yang dijual di pasar, ada yang besar tebal, tipis besar dan kecil keriting. Jenis yang besar biasanya karena ditaman dengan bibit dan perlakuan khusus. Yang tipis lebar merupakan daun kemangi yang muda. Sedangkan yang kecil keriting dan ada putih bijinya biasanya berasal dari pohon kemangi yang sudah tua dan daunnya mulai mengecil. Pilih yang muda atau yang tebal agar memperoleh aroma yang tajam wanginya. Bungkus daun kemangi dengan kertas dan simpan dalam lemari es agar tahan 1-2 hari.

Memilih Blueberry

Bluebery
Blueberry segar biasanya dijual dalam kemasan kotak plastik. Pilihlah yang masih tampak keras, mulus dan tidak berair. Sebagai tanda buah masih segar dan bagus. Sebelum dipakai, cuci lalu tiriskan hingga kering. Jika tak ada bisa dipakai blueberry kalengan. Tiriskan buahnya sambil tekan-tekan hingga tiris benar. Setelah itu campurkan dengan bahan lainnya. Kuah blueberry bisa dipakai untuk campuran membuat saus atau setup buah.

Apa Itu Saus Ikan?

Saus Ikan
Saus ikan dan kecap ikan penampilannya hampir sama. Berbentuk cair, kecokelatan dengan aroma ikan yang kuat. Saus ikan dibuat dari hasil fermentasi ikan-ikan kecil seperti anchovy atau teri.  Aroma saus ikan sangat tajam dengan warna cokelat keemasan. Sedangkan kecap ikan merupakan istilah yang dipakai untuk versi saus ikan yang mirip kecap asin, encer dengan aroma ikan yang kurang tajam. Saus ikan banyak dipakai dalam hidangan Thai, Kamboja dan Vietnam. Sedangkan kecap ikan dipakai dalam masakan Cina. Saus ikan paling cocok untuk membuat saus dan bumbu perendam.

Pepaya Muda untuk Sayur

Pepaya
Pepaya ada banyak jenisnya. Jika ingin membuat sayur dari pepaya muda, pilihlah pepaya yang berasal dari jenis yang manis agar mendapatkan rasa gurih renyah manis. Pilih yang tidak terlalu mentah, sedikit kekuningan warnanya. Untuk mengurangi getahnya, setelah diiris, remas-remas dengan sedikit garam hingga layu lalu bilas air hingga bersih dan tiriskan.

Daun Basil

Daun basil merupakan salah satu rempah daun yang banyak dipakai dalam hidangan Italia. Bentuknya memang mirip dengan daun kemangi tetapi lebih besar, lebar dan tebal. Daun ini aromanya wangi tajam dan sangat khas. Ada berbagai jenis basil terutama yang dipakai pada kuliner Thailand. Karena aromanya unik, basil sulit digantikan dengan rempah duan lain. Bisa dibeli dalam keadaan segar dan kering.

Memilih Brokoli

Brokoli
Pilihlah brokoli yang utuh dengan warna hijau gelap. Jika dikuntumnya terdapat bercak putih kuning berarti brokoli sudah terlanjur mekar dan tidak segar lagi. Jika akan disimpan, celupkan brokoli sebentar dalam air mendidih lalu siram air dingin. Tiriskan dan simpan dalam lemari es atau freezer. Jika dibiarkan segar, brokoli hanya tahan 2-3 hari di dalam lemari es.

Cooking Chocolate

Coklat Blok
Cokelat blok khusus untuk kue dan cake sering disebut cooking chocolate atau baking chocolate. Cokelat ini ada yang berjenis 'compound' dan ada juga yang 'couverture'. Ada 3 pilihan yang biasanya dijual, dark, milk dan white. Pilih jenis yang sesuai selera. Yang dark agak pahit, milk manis dan white rasanya lebih manis. Simpan selalu di tempat sejuk dan kering serta tertutup.

Cara membersihkan Ikan Gurami

Ikan Gurame
Aroma lumpur pada ikan gurami biasanya terjadi pada ikan yang langsung ditangkap di kolam besar tanpa ditangkarkan beberapa hari di kolam penampungan. Sebaiknya beli ikan gurami dalam keadaan segar atau hidup agar rasanya gurih dan tidak anyir aromanya. Bersihkan sisiknya, buang insangnya dan bilas dengan air bersih hingga lendirnya hilang sama sekali.

Membersihkan Udang Besar

Udang Jerbung
Udang besar jenis jerbung atau tiger kulitnya agak keras. Karena ukurannya besar, udang ini biasanya dimasak dalam keadaan utuh dengan kulit dan kepalanya. Sebelum diolah, guntinglah sungut dan ujung kepalanya yang runcing. Kemudian gunting kulit di bagian punggung hingga ke ekor. Setelah itu sayat daging di bagian kulit yang terbuka hingga ke ujung ekor. Gunanya agar bumbu bisa meresap dan udang bisa matang sempurna. Jangan terlalu lama mematangkan udang karena daging udang akan menjadi keras.

Memilih Ikan Bandeng

Ikan bandeng beraroma lumpur memang tak bisa dihilangkan begitu saja. Karena itu saat membeli, pilihlah ikan bandeng segar dari laut atau tambak yang berkualitas bagus. Ikan bandeng dari tambak atau peternakan lebih sering tidak berbau lumpur. Sebelum dibersihkan, tarik ekor ikan bandeng agar duri-durinya mengumpul. Besihkan sisik dan buang insangnya. Kerat-kerat badan ikan bandeng agak rapat agar duri-durinya ikut terpotong. Cuci bersih, tiriskan lalu olah sesuai selera.

Memilih Bumbu Spekuk

Bumbu spekoek merupakan racikan rempah-rempah kering yang dicampur jadi satu. Seperti kayu manis, pala, kapulaga, jahe dan vanili. Tiap merk punya racikan yang berbeda. Bumbu spekuk yang bagus, biasanya warnanya agak gelap dan aroma wangi rempahnya sangat tajam.Karena itu pemakaiannya juga sangat sedikit dan harganya realtif mahal. Belilah bumbu spekuk dalam kemasan kecil yang biasanya mutunya lebih bagus dan racikan rempahnya lebih lengkap. Taruh dalam wadah tertutup agar tidak kehilangan aroma harumnnya.

Ancaman Stroke dari Ikan yang Digoreng

Ikan Goreng

Birmingham, Ikan memang makanan yang sangat bermanfaat untuk tubuh karena banyak mengandung omega-3. Tapi untuk mengonsumsi ikan sebaiknya jangan digoreng, karena keseringan makan ikan yang digoreng dapat memicu stroke.

Keseringan makan ikan goreng telah memicu pandemi stroke di Amerika Serikat bagian selatan, antara lain di Alabama, Arkansas, Georgia, Louisiana, Mississippi, North Carolina, South Carolina dan Tennessee.

Di wilayah itu, risiko kematian akibat stroke lebih tinggi daripada di bagian negara lain. Di Alabama, angka kematian stroke 125 per 100.000 orang. Dan penyebab utama stroke di wilayah ini adalah konsumsi ikan goreng yang berlebihan.

Penelitian telah menunjukkan bahwa asam lemak omega-3 pada ikan, terutama lemak ikan, dapat mengurangi risiko stroke. Namun dalam siaran pers American Academy of Neurology (AAN) disebutkan bahwa penelitian lain menunjukkan ikan yang digoreng menyebabkan hilangnya asam lemak alami, sehingga justru dapat memicu serangan stroke.

Penelitian baru tersebut dilakukan oleh REGARDS (Reasons for Geographic And Racial Differences in Stroke) yang dipimpin George Howard, Dr PH, dari Universitas Alabama di Birmingham.

Dalam penelitian tersebut, REGARDS mempelajari 21.675 orang di atas usia 45 tahun antara Januari 2003 hingga Oktober 2007, dan terus mengikuti partisipan dan mengawasi kesehatannya.

Hasilnya, 1 dari 4 partisipan yang mengonsumsi dua atau lebih ikan non-goreng per minggu, memiliki 17 persen risiko stroke yang lebih rendah dibandingkan partisipan yang tidak makan ikan sama sekali.

Sedangkan partisipan yang makan ikan goreng dua porsi atau lebih ikan goreng memiliki risiko stroke 30 persen lebih besar dibandingkan dengan partisipan yang tidak makan ikan.

"Perbedaan dalam porsi dan cara pengolahan ikan dapat menjadi salah satu alasan yang mungkin untuk perbedaan rasial dan geografis dalam insiden stroke dan kematian," jelas Fadi Nahab, MD dari Emory University, dalam rilis yang dikeluarkan AAN, dilansir Medindia, Minggu (26/12/2010).

Penelitian yang didukung National Institute of Neurological Disorders and Stroke, National Institutes of Health dan Department of Health and Human Services ini telah dipublikasikan dalam jurnal kesehatan online AAN Neurology pada 22 Desember 2010.

Disadur dari detikhealth

Monday, December 6, 2010

Crispy Chicken Burger

Crispy Chicken Burger
Krenyes renyah tekstur burger ayam ini djamin bikin ketagihan. Apalagi setelah dicocol saus mayones dan dinikmati bersama roti burger yang lembut empuk!

Bahan:
100 g tepung roti kasar
1 putih telur ayam, kocok hingga berbuih
minyak goreng
Burger:
300 g daging ayam, cincang halus
30 g bawang bombay cincang
1 siung bawang putih, cincang halus
1 sdm daun bawang, iris halus
1 kuning telur ayam
2 sdm tepung roti
½ sdt merica bubuk
1 sdt garam
Pelengkap:
Salad Sayuran
Mayones botolan

Cara membuat:

  • Burger: Aduk semua bahan menjadi satu hingga rata.
  • Bagi menjadi 4 bagian, bentuk bulat pipih.
  • Celupkan dalam telur kocok lalu balut dengan tepung panir hingga rata.
  • Diamkan beberapa saat hingga agak kering.
  • Goreng hingga matang kedua sisinya.
  • Sajikan hangat dengan Pelengkapnya.
Untuk 4 buah

Ayam Goreng Bogor

Ayam Goreng Bogor
Ayam goreng berbumbu kuning ini rasanya gurih dengan aroma bumbu yang harum. Enak dimakan panas dengan sambal plus lalapan!

Bahan:

1 ekor ayam jantan, potong 4 bagian
1 lembar daun salam
1 batang serai, memarkan
1 cm lengkuas, memarkan
500 ml air
Haluskan:
4 siung bawang putih
2 butir bawang merah
3 butir kemiri
½ sdt merica butiran
2 cm kunyit
1 cm jahe
1 sdt garam

Cara membuat:
  • Taruh potongan ayam dalam panci.
  • Beri Bumbu Halus, air, salam, serai dan lengkuas.
  • Tutup panci, masak hingga kuah habis dan ayam empuk.
  • Angkat ayam, tiriskan.
  • Goreng dalam minyak panas hingga kering.
  • Angkat dan tiriskan.
Untuk 4 potong

Hotdog Ayam

Hotdog
Roti dengan isian komplet ini lebih bersih dan lengkap isinya. Tambahkan sayuran agar nutrisinya lebih lengkap.

Bahan:
2 buah roti hotdog
2 lembar daun selada
2 sdm mayones botolan
2 sdm saus cabai botolan
1 buah tomat, iris tipis


Adonan ayam, aduk jadi satu:
250 g daging ayam cincang
1 kuning telur ayam
1 sdm tepung terigu
1 sdm susu bubuk fullcream
½ sdt merica bubuk
1 sdt garam
1 sdm daun bawang iris halus
Lapisan:
1 putih telur ayam, kocok hingga berbuih
100 g tepung panir putih
Pelengkap:
Setup Sayuran
Buah Segar

Cara membuat:
  • Adonan Ayam: Bentuk adonan menjadi bulat lonjong dan pipihkan.
  • Celupkan dalam putih telur lalu balut tepung panir hingga rata.
  • Goreng dalam minyak panas hingga kering.
  • Olesi tiap roti dengan mayones.
  • Beri se[otong selada. Taruh adonan ayam di bagian tengahnya.
  • Beri irisan tomat dan saus cabai.
  • Sajikan segera.
Untuk 2 buah

Mie Ijo

Mie Ijo
Bagi para vegetarian, yang lagi nyari variasi menu, ada mie yang patut dicoba, Mie Ijo. Mi sawi dipadu dengan sawi segar, cabai merah plus sedikit tauco. Rasanya gurih pedas, enak! Selain rasanya yang enak, mie sawi juga dapat melancarkan pencernaan loh!

Bahan:
250 g mi sawi kering, siap beli
2 sdm minyak sayur
3 siung bawang putih, cincang halus
2 buah cabai merah, iris halus
1 sdm tauco
2 sdm saus tiram
1 sdm kecap asin
½ sdt merica bubuk
1 sdt garam
100 g sawi, potong 3 cm

Cara membuat:
  • Rebus mi dalam air secukupnya hingga lunak. Angkat dan tiriskan.
  • Tumis bawang putih hingga kuning dan wangi.
  • Masukkan cabai, aduk hingga layu.
  • Tambahkan tauco dan bumbu lainnya.
  • Masukkan daun sawi, aduk sebentar.
  • Tuangi sedikit air, dan masukkan mi.
  • Aduk hingga rata dan agak kering.
  • Angkat, sajikan hangat.
Untuk 4 orang

Sambal Kelapa Udang

Sambal Kelapa Udang

Kalau lagi nggak ada lauk atau malas makan. Cukup sambal udang ini dan nasi putih rasanya benar-benar hebat. Pedas-pedas gurih dan bikin pengin nambah terus.

Bahan:
300 gram udang ukuran sedang, buang kepalanya
1 butir kelapa parut
1 lembar daun kunyit, iris tipis
Bumbu halus:
5 buah bawang merah
4 siung bawang putih
3 batang serai, ambil putihnya
3 buah cabai rawit
5 buah cabai merah besar
1 cm kunyit
1 cm jahe
1 sdt gula pasir
2 sdt garam

Cara Membuat : 
  • Panaskan minyak secukupnya, tumis bumbu halus hingga harum dan keluar matang.
  • Masukkan udang, aduk2 hingga berubah warna
  • Masukkan kelapa parut dan irisan daun kunyit.
  • Aduk-aduk dan masak hingga kelapa agak mengering.
  • Angkat dan sajikan dengan nasi putih.
Untuk 10 orang

Cake Cheezy Chocolate

Suka cokelat atau keju? Keduanya ada di cake yang lembap dan legit gurih ini. Campuran choco chips dan keju parut bikin rasanya jadi renyah enak!

Bahan:
175 g mentega tawar
175 g gula pasir halus
3 butir telur ayam, pisahkan kuning dan putihnya
2 sdm susu cair
150 g keju cheddar, potong dadu kecil
100 g chocolate chips
Ayak jadi satu:
150 g tepung terigu
25 g cokelat bubuk
1 sdt baking powder
Taburan:
100 g keju cheddar parut
100 g chocolate chips

Cara membuat:
  • Olesi loyang 18 cm dengan margarin lalu taburi sedikit tepung terigu.
  • Kocok mentega dan gula hingga lembut.
  • Masukkan kuning telur satu per satu sambil kocok hingga rata.
  • Tambahkan susu, aduk rata.
  • Masukkan campuran terigu, aduk hingga rata.
  • Kocok puth telur hingga kaku, masukkan ke dalam adonan lalu aduk rata.
  • Masukkan potongan keju dan chocolate chips, aduk rata.
  • Tuang adonan ke dalam loyang, ratakan.
  • Panggang dalam oven panas 180 C selama 45 menit.
  • Angkat, dinginkan.
Untuk 16 potong

Bahn Mi

Bahn mi alias 'baguette' atau roti Perancis. Merupakan jajanan berupa sandwich roti Perancis dengan aneka isi. Pengaruh kuliner Perancis dengan sentuhan lokal Vietnam ini rasanya sangat eksotik!

Bahan:
4 buah baguette/roti Perancis ukuran kecil
4 sdm liver pate
2 sdm wortel iris kecil panjang
2 sdm lobak iris kecil panjang
2 sdm mentimun, iris kecil panjang
150 g daging ayam/bebek asap/panggang, iris tipis
4 sdm kecap asin
4 sdm sambal Bangkok, siap pakai
2 sdm mayones botolan
2 sdm daun ketumbar
1 buah cabai merah besar, buang bijinya, iris halus

Cara membuat:
  • Sayat membujur roti Perancis.
  • Isi roti dengan sayuran, ayam panggang hingga padat.
  • Beri kecap, sambal Bangkok dan mayones.
  • Taburi dengan daun ketumbar dan irisan cabai.
  • Rapatkan hingga padat.
  • Sajikan segera.

Molten Chocolate Fondant

PJ's-Four Seasons Resort Bali at Jimbaran Bay - detikFood

Brownies
Cake yang satu ini langsung bikin lidah melumer karena lezatnya. Lelehan cokelat hangat beradu dengan es kri vanili yang dingin dan saus berry yang asam, lezat lekat!

Bahan:

500 g mentega
500 g Dark Chocolate 60%, cincang
300 g gula pasir
10 kuning telur
10 butir telur ayam
150 g tepung terigu
1 sdt cardamom bubuk
1 sdm Mayer's Rhum

Cara membuat:
  • Siapkan mangkuk-mangkuk kecil tahan panas. Semir margarin, taburi sedikit terigu.
  • Tim cokelat dan mentega hingga leleh. Angkat.
  • Kocok kuning telur, telur dan gula hingga gula larut.
  • Masukkan campuran cokelat, aduk hingga rata.
  • Tambahkan bahan lainnya. Aduk rata.
  • Tuang ke dalam cetakan-cetakan.
  • Panggang dalam oven panas 180 C selama 12 menit hingga matang.
  • Angkat, sajikan panas dengan Saus berry dan es krim vanili.
Untuk 8 buah